Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Minggu, 02 November 2014

Tukak Lambung Dapat Memicu Kanker

Dibiarkan, Tukak Lambung Picu Kanker

Tukak Lambung sering diremehkan penderitanya. Padahal, kalau dibiarkan akan menjadi penyakit yang merongrong tubuh kita terus menerus. Luka pada lambung merupakan penyakit yang serius. Jika dibiarkan, luka pada lambung dapat memicu terjadinya kanker. Ngomong-ngomong apa sih yang Anda ketahui tentang tukak lambung itu sendiri?
Tukak lambung (peptic ulcer) dapat diartikan sebagai luka pada lambung atau usus duodenum karena terjadi ketidakseimbangan antara sekresi asam lambung, pepsin dan infeksi bakteri helycobacter pylori dengan faktor pelindung mukosa seperti produksi prostaglandin, gastric mukus, bikarbonat dan aliran darah mukosa.
Pada gambar dibawah ini, tukak lambung dideskripsikan oleh garis yang diberi keterangan peptic ulcer.

tukak lambung


Setiap manusia pasti pernah mengalami sakit perut. Baik yang ringan maupun yang berat. Seringkali kita mengganggapnya sebagai sakit maag, atau yang dikenal dalam dunia kedokteran sebagai dispepsia (karena istilah "maag" dalam bahasa latin berarti lambung). Gejala sakit maag dapat menyerupai luka lambung. Luka yang dalam dinamakan tukak. Tukak lambung disebabkan oleh karena produksi asam lambung yang tinggi dan iritasi oleh bakteri yang terdapat di lambung.

Ada dua macam kelainan utama pada lambung, yaitu kelainan fungsional dan kelainan organik. Kelainan fungsional lebih berkaitan dengan gangguan fungsi lambung, tidak ada perubahan anatomi organ lambung saat dilakukan pemeriksaan klinis, biokimiawi, hingga pemeriksaan penunjang lain seperti USG, endoskopi, rontgen, atau CT scan. Gejalanya perut mual, ingin muntah, nyeri ulu hati, lambung terasa penuh, bersendawa, cepat kenyang, perut keroncongan, hingga sering buang gas. Kelainan ini merupakan kelainan terbanyak yang oleh orang awam dianggap gangguan maag.

Kelainan organik ditandai dengan adanya kelainan anatomis yang dapat terlihat saat pemeriksaan endoskopi. Bentuknya bisa macam-macam, mulai dari radang atau gambaran merah pada lambung, lecet, luka, polip, atau sampai yang paling berat yaitu tumor. Pada kasus yang lebih parah yaitu muntah darah atau buang air besar berdarah, bisa dipastikan bahwa ada kelainan kronis pada lambung. Untuk lebih memastikannya, perlu dilakukan serangkain pemeriksaan mulai endoskopi, histopatologi biopsy mukosa lambung, tes kultur, dan rapid ureum test.

Dinding lambung diselubungi mukus yang di dalamnya juga terkandung enzim. Jika pertahanan mukus rusak, enzim pencernaan akan memakan bagian-bagian kecil dari lapisan permukaan lambung. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya tukak lambung. Tukak lambung menyebabkan berlubangnya dinding lambung sehingga isi lambung jatuh di rongga perut. Sebagian besar tukak lambung ini disebabkan oleh infeksi bakteri jenis tertentu.

dinding lambung

Beberapa gangguan lain pada sistem pencernaan antara lain sebagai berikut: Peritonitis; merupakan peradangan pada selaput perut (peritonium). Gangguan lain adalah salah cerna akibat makan makanan yang merangsang lambung, seperti alkohol dan cabe yang mengakibatkan rasa nyeri yang disebut kolik. Sedangkan produksi HCl yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus, sehingga timbul rasa nyeri yang disebut tukak lambung. Gesekan akan lebih parah kalau lambung dalam keadaan kosong akibat makan tidak teratur yang pada akhirnya akan mengakibatkan pendarahan pada lambung. Gangguan lain pada lambung adalah gastritis atau peradangan pada lambung. Dapat pula apendiks terinfeksi sehingga terjadi peradangan yang disebut apendisitis.

Dokter Otjoeng Handajanto, ahli hidroterapi usus di Bandung, Jawa Barat, mengatakan lambung secara terpola memproduksi asam lambung. Manfaatnya agar tubuh mudah menyerap dan mencerna makanan. "Saat lapar, otak memerintahkan lambung untuk mensekresi asam lambung," kata dokter alumnus Universitat Bochum, Jerman, itu. Ketika tidak ada makanan yang masuk ke lambung, asam lambung batal terpakai. Itu bagai bumerang lantaran asam lambung bakal mensekresi dinding lambung.

Bila jadwal makan yang tidak teratur itu berlangsung terus-menerus, lambung sulit beradaptasi dalam memproduksi asam lambung. Akibatnya dinding lambung erosi. Yang dirasakan adalah perih dan mual persis seperti yang dialami Meirin. Pada tahap itu disebut gastritis. Jika dibiarkan terus, lama-lama akan terjadi pelukaan. 'Itulah yang dinamakan tukak lambung," kata Otjoeng. Gangguan pada lambung itu-gastritis dan tukak-lazim disebut mag. Itu kita adopsi dari bahasa Belanda : maag yang artinya lambung.

Setelah panjang lebar pengetahuan tukak lambung Anda ketahui, masih tertarik "menderitanya?" setelah membaca berulang ulang, masih mau menunda pengobatannya dan membiarkan menjadi kanker? tentunya jangan. Hubungi kami spesialis lambung untuk tahu solusi masalah tukak lambung ini. Kontak kami ada di bagian widget :) ditunggu yaa..



sumber-referensi

Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami spesialis lambung
Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi Gratis Bisa Di Layanan Konsumen :
PIN BB              : 5C8DE52F
SMS/WA/Line   : 085221818880
Telepon              : 0265 - 324186 (jam kerja)

Atau datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :


Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)


obat maag, obat maag alami, obat maag yang manjur, obat maag akut, obat alami maag, sakit maag, obat sakit maag, penyebab sakit maag, pantangan sakit maag, tanda tanda sakit maag, obat maag tradisional, obat tradisional maag, obat sakit maag tradisional, penyakit maag, obat penyakit maag, penyebab penyakit maag, makanan untuk penyakit maag, pantangan penyakit maag, maag gejala maag, gejala sakit maag, gejala penyakit maag, gejala maag kronis, gejala maag akut maag kronis, obat maag kronis, obat sakit maag kronis, penyakit maag kronis, sakit maag kronis, ciri ciri sakit maag, ciri ciri penyakit maag, ciri ciri maag, ciri ciri maag kronis, ciri sakit maag, obat maag herbal, obat herbal maag, obat herbal sakit maag, obat herbal untuk maag, obat herbal maag kronis, cara mengatasi sakit maag, tips mengatasi maag, cara mengatasi maag, mengatasi maag, mengatasi sakit maag, cara mengobati sakit maag, cara mengobati maag, mengobati maag, cara mengobati penyakit maag, mengobati sakit maag.

0 komentar:

Posting Komentar