Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Selasa, 13 Januari 2015

Fungsi dari organ lambung

Struktur dan Fungsi Organ Lambung - Berikut ini adalah sajian lengkap mengenai struktur atau bagian-bagian dari organ lambung beserta fungsinya dalam menjalankan proses metabolisme bagi tubuh. simak sajian lengkapnya berikut ini.

fungsi dari organ lambung


Lambung atau Ventrikulus merupakan suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan. Fungsi lambung secara umum adalah tempat dimana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan tersebut diserap. Lambung terdiri dari 3 bagian, yaitu:
  1. Kardia, Lambung bagian atas, daerah pintu masuknya makanan dari kerongkongan itu sendiri
  2. Fundus, Lambung bagian tengah dan bentuknya membulat
  3. Pilorus, Lambung bagian bawah, lambung bagian yang ini adalah daerah yang berhubungan dengan usus 12 jari atau sering disebut dengan duodenum.
  • Mucosa, adalah lapisan dimana sel-sel mengeluarkan berbagai jenis cairan seperti enzim, asam lambung, dan hormon. Lapisan ini berbentuk seperti palung untuk memperbesar perbandingan antara luas dan volume sehingga memperbanyak volume getah lambung yang dapat dikeluarkan. Lapisan mucosa memiliki 3 jenis sel yang berfungsi dalam pencernaan, yaitu:
  1. Sel Goblet (goblet cell), berfungsi untuk memproduksi mucus atau lendir yang akan digunakan untuk menjaga lapisan terluar sel agar tidak rusak karena enzim pepsin dan asam lambung.
  2. Sel Parietal, berfungsi memperoduksi asam lambung (Hydrochloric) yang bermanfaat untuk mengaktifkan enzim pepsin, diperkirakan bahwa sel ini memproduksi 1.5 mol dm-3 asam lambung yang membuat tingkat keasaman dalam lambung mencapai pH2.
  3. Sel Chief, berfungsi untuk memproduksi pepsinogen, yaitu suatu enzim dalam bentuk tidak aktif. Sl ini memproduksi dalan bentuk tidak aktif agar enzim tersebut tidak mencerna protein yang dimiliki oleh sel tersebut yang dapat menyebabkan kamtian pada sel tersebut.
Dibagian dinding lambung sebelah dalam terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getah lambung. Aroma, bnetuk, warna dan selera terhadap makanan secara refleks akan menimbulkan sekresei getah lambung. Getah lambung ini mengandung asam lambung (HCl), pepsin, musin, dan renin. Asam lambung ini berperan aktif sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.
  • Submucosa, ialah lapisan dimana pembuluh darah arteri dan vena dapat ditemukan untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel perut sekaligus untuk membawa nutrisi yang diserap, urea, dan karbon dioksida dari sel-sel tersebut.
  • Muscularis, adalah lapisan otot yang membantu perut dalam pencernaan mekanis. Lapisan ini dibagi menjadi 3 lapisan otot, yakni : otot melingkar, memanjang, dan menyerong, kontraksi ketiga macam lapisan otot tersebut akan menimbulkan gerak peristaltik.
  • Gerak Peristaltik( gerak emnggelombang), gerak ini akan emngakibatkan makanan yang terdapat di dalam lambung diaduk-aduk. Lapisan terluar yaitu serosa yang memiliki fungsi sebagai lapisan pelindung perut. Sel-sel di lapisan ini mengeluarkan sejenis cairan untuk mengurangi gaya gesekan yang terjadi antara perut dengan anggota tubuh lainnya.
  • Memproses dan mengubah protein menjadi pepton
  • Lemak yang masuk ke dalam tubuh akan mulai dicerna di dalam lambung
  • Membekukan susu dan mengeluarkan kasein
  • Semua makanan yang kita konsumsi akan dicairkan dan dicampurkan dengan asam hidroklorida. Jika proses tersebut telah dilakukan, maka usus akan siap mencerna cairan-cairan yang datang dan telah diproses oleh lambung tersebut.
Akan tetapi, jika lambung terkena luka akibat dari asam lambung yang menaik, bisa disebabkan oleh: terlalu banyak pikiran atau stress, jadwal dan porsi asupan makanan yang tidak teratur, infeksi lambung meradang atau terserang bakteri, maka anda akan mengalami beberapa keluhan sakit yang melilit atau dispepsia, gastritis, gerd atau sakit kerongkongan akibat asam lambung menjalar keatas, bahkan kanker. karena asam lambung tinggi larinya bisa ke kanker usus atau liver.

Penanganan sedari dini adalah lebih baik. Namun perlu anda perhatikan, tangani sakit lambung harus sama ahlinya, dengan begitu kesembuhan efektif bukanlah tidak mungkin.

Kami spesialis lambung siap melayani dan membantu menghilangkan keluhan sakit maag anda.
kontak Uswah Ahli Mengobati Maag.



Referensi :
Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami spesialis lambung
Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi Gratis Bisa Di Layanan Konsumen :

PIN BB             5E29237F
SMS/WA/Line  : 085221818880

Atau datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :

 


Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)

0 komentar:

Posting Komentar