Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Minggu, 25 Januari 2015

Penyebab Dan Gejala Maag Pada Balita

Penyebab dan ciri sakit maag pada bayi

Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung dan mengakibatkan rasa mual atau sakit pada perut. Sakit maag juga diakibatkan oleh munculnya reaksi radang pada lambung karena adanya ke tidak seimbangan antara faktor perlindungan dengan faktor luar. Namun, peningkatan asam, kerusakan asam lambung, konsumsi obat tertentu, rokok, alkohol, zat korosif, hingga stres emosional dapat mengakibatkan timbulnya ketidakseimbangan tersebut, sehingga terserang sakit maag.
cara maag menyerang anak

Bagaimana sakit maag bisa menyerang balita? 

Timbulnya sakit maag pada anak balita disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi helicobacter pylori yang masuk melalui makanan, stres pasca operasi, trauma efek samping obat, efek radioterapi, efek samping penyakit pencernaan seperti diare dan trauma sonde yaitu alat selang yang dimasukkan ke dalam tenggorokkan untuk mengirim makanan ke lambung. Kuman helicobacter pylori adalah kuman yang dapat menginfeksi lambung dan bagian usus lainnya pada anak balita tanpa menimbulkan gejala yang jelas dan sebagian besar anak balita yang menderita akibat kuman ini tidak memiliki gejala selama hidupnya.(baca: bakteri penyebab sakit maag ) .Penularan kuman ini memang belum dapat dipastikan. Faktor lingkungan yang padat dengan kondisi sosial ekonomi yang rendah diduga menjadi penyebab timbulnya kuman helicobacter pylori. Orang tua atau ibu yang terinfeksi memiliki peranan penting dalam penularan kuman ini pada anaknya. 

Gejala sakit maag pada anak hampir sama dengan sakit perut pada umumnya yang disertai dengan mual, muntah serta rasa kembung. Dan, apabila diamati, pusat sakit berasal dari daerah lambung ke atas, mulai dari ulu hati hingga ke rongga dada. Apabila sakitnya bertambah parah, akan disertai rasa terbakar pada dada. Ciri lainnya adalah ketika anak muntah disertai darah yang mirip kopi, darah ini terkena asam lambung akibat luka pada lambung. Selain itu, jika anak terlihat tidak nafsu makan, lemah serta mengalami penurunan berat badan maka harus diwaspadai anak terkena sakit maag. Gejala sakit maag ini, biasanya timbul atau mulai terasa pada malam hari. Jangan biarkan hal ini terus berlanjut, bawalah segera anak Bunda ke dokter untuk mendapatkan pertolongan dan dokter akan memberikan antacida untuk meredakan gejala serta antibiotik jika ditemukan adanya infeksi bakteri. Jangan pernah mencoba memberi anak Bunda obat maag yang berada di warung atau di pasaran karena obat maag yang beredar di pasaran tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh anak. maag pada balita bisa ditangani dengan meminum soya uswah

Perbedaan gejala maag orang dewasa dengan anak kecil

Pada orang dewasa, gejala sakit lambung cukup khas yaitu nyeri di daerah ulu hati atau perut kiri bagian atas atau sesuai letak organ tersebut. Tapi pada anak tidak demikian. 
  1. Sakit maag pada anak ditandai dengan keluhan sakit perut. Sakit biasanya tumpul dan tidak jelas. Pada anak prasekolah sakit terutama di sekitar pusar dan makin parah jika anak makan. Sedangkan setelah anak usia 6 tahun gejala sakitnya mirip orang dewasa. 
  2. Muntah berulang bisa terjadi terutama pada anak prasekolah dan usia sekolah. 
  3. Perdarahan saluran cerna (ada darah dalam muntah atau feses) hingga kebocoran usus akibat luka di lambung bisa terjadi terutama pada bayi yang terserang sakit keras. 
Secara klinis, sulit membedakan sakit maag yang disebabkan oleh kuman atau non kuman. Sakit perut berulang oleh sebagian ahli dianggap sebagai gejala yang berhubungan dengan H. pylori. Sekitar 22-37% anak dengan gejala ini terbukti terinfeksi H. pylori. Keluhan lain yang sering disampaikan anak pengidap H. pylori adalah nyeri ulu hati, terbangun malam hari, dan sering muntah. Gejala lain adalah gangguan penyerapan usus disertai berat badan yang menurun, gangguan pertumbuhan, anemia defisiensi besi, diare berulang dan kurang gizi.

cara mendeteksi maag pada anak

gambar deteksi maag pada anakPada semua anak dengan gejala sakit maag dianjurkan tes H. pylori lewat pemeriksaan sederhana yang tidak menyakitkan. Pemeriksaan lebih kompleks hanya dilakukan pada anak dengan gejala kuat untuk selanjutnya akan diobati. Saat ini berbagai pusat kesehatan sudah menyediakan tes kuman H.pylori. Bila tes positif dapat dilanjutkan dengan peneropongan ke lambung (endoskopi). Tindakan ini direkomendasikan untuk anak dengan kecurigaan kelainan di lambung dan bila nanti ditemukan H.pylori harus segera dilakukan terapi. Endoskopi juga dilakukan untuk melakukan tes lainnya yaitu biopsi, membiakkan kuman, dan lain-lain. Kombinasi pemeriksaan akan meningkatkan kepastian diagnosis infeksi kuman tersebut agar bisa diobati dengan sebaik-baiknya. 

Skrining dengan uji urea napas Uji skrining atau tes yang dianggap paling akurat dan sederhana adalah uji urea napas. Anak diminta meminum sejumlah urea yang sudah diberi tanda. Urea ini akan dimetabolisme oleh H.pylori dan dikeluarkan menjadi karbondioksida. Jika anak positif terinfeksi akan ditemukan karbondioksida yang punya tanda di udara napas si anak. 

cara mengenali gejala ulkus atau tukak lambung pada bayi dengan baik

1. Seperti gejala kolik
Gejala ini termasuk menangis lama yang makin memburuk di sore hari dan sepanjang malam hari. Angkat kepalanya serta rendahkan kakinya untuk membantu melepaskan gas.

2. Gejala selama dan sesudah makan
Bayi menderita maag bisa menolak makan, bahkan ketika mereka lapar, atau meminta makanan ringan selama beberapa hari di luar makanan utama. Gejala lain termasuk sering bersendawa atau muntah.

3. Gejala tak biasa
Seringkali beberapa gejala maag pada bayi tidak diansumsikan dengan sakit pada perut mereka, seperti infeksi telinga dan sinus atau sering sakit tenggorokan dan pilek.

4. Gejala tidur
Refluks asam biasanya membuat bayi tidak nyaman karena asam lambung naik ke kerongkongan mengiritasi tenggorokan bayi. Dan kondisi itu biasanya semakin memburuk ketika bayi berbaring. Anda dapat melihatnya dari gejala saat tidur, seperti sering bangun, menangis sambil bergumam pada malam hari diiringi batuk, tersedak, atau tercekik saat berbaring.

5. Gejala yang semakin parah
Ulkus yang semakin buruk membuat gejala menjadi lebih parah serta membuat bayi membungkam dirinya dengan tangannya, berat badan anak yang turun, ngiler berlebihan, dan bahkan mungkin kesulitan bernapas atau menelan.(MEL)

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan spesialis lambung jika mencurigai ada ciri ciri maag pada anak anda. segera kontak kami.
semoga bermanfaat....




Referensi :
 
Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami spesialis lambung
Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi Gratis Bisa Di Layanan Konsumen :

PIN BB             : 5E29237F
SMS/WA/Line : 085221818880


Atau datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :

Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)

3 komentar:

  1. perut saya setiap pagi periih itu kenapa yaa.?!


    http://jamuasamlambung.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. perut saya setiap pagi periih itu kenapa yaa.?!


    http://jamuasamlambung.blogspot.com/

    BalasHapus