Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Selasa, 03 Maret 2015

5 Khasiat temulawak baik untuk kesehatan

Sebagai tanaman herbal, tentunya temulawak memiliki segudang manfaat, selama ini temulawak sangat bermanfaat dalam kesehatan baik untuk pengobatan maupun untuk penunjang kesehatan. Mari kita bahas manfaat temulawak yang  baik untuk kesehatan




Temulawak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ini adalah beberapa diantara manfaat temulawak tersebut :
 
1. Memelihara fungsi hati
Katagoga dalam temulawak memiliki khasiat menjaga kesehatan fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Dalam uji klinik yang dilakukan pada temulawak, memberikan hasil enzim yang dapat berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam dosis 15-30 mg kurkumin.

2. Mengobati masalah pencernaan
Zat di dalam temulawak, mampu merangsang produksi empedu di kandung empedu, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Khasiat temulawak memberikan dukungan terhadap berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas dan dispepsia seperti manfaat kunyit. Khasiat Temulawak sangat baik sebagai cara mengatasi gangguan asam lambung, bahkan maag yang sudah akut pun bisa berangsur sembuh. Kita bisa membuat ramuan utuk mengobati penyakit tersebut, caranya sangat mudah, siapkan satu rimpang temulawak, lalu cuci sampai bersih. Iris temulawak tersebut dengan tipis, kemudian rebus dengan 5 gelas air putih dan tunggu sampai mendidih. Minum temulawak ini secara teratur satu gelas sehari, dan bisa juga ditambahkan dengan madu secukupnya

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology, para pasien yang memakai suplemen temulawak dan kunyit setiap hari mengalami tingkat kekambuhan yang jauh lebih rendah dibandingkan pasien yang memakai plasebo selama enam bulan.

3. Melawan kanker
Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam jurnal ilmiah “The Prostat,” menemukan bahwa curcumin secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat dan berpotensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya. Meskipun percobaan lanjutan terhadap manusia masih diperlukan sebelum dokter dapat merekomendasikan temulawak.
University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa, tanaman herbal dapat bekerja menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker dan merupakan efek pencegahan yang mungkin berasal dari aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

4. Menjaga kesehatan fungsi hati
manfaat temulawak memiliki kemampuan menjaga kesehatan fungsi hati dikarenakan dalam temulawak mengandung kalagoga yang berfungsi untuk mengatur produksi cairan empedu dalam dalam hati serta merangasang pengosongan kandung empedu

5. Mengurangi radang sendi
temulawak bermanfaat untuk mengurangi radang sendi serta nyeri, hal tersebut dikarenakan adanya kandungan kurkumin sebagai antiradang yang dapat mengurangi nyeri serta radang sendi

Temulawak tampaknya aman bagi kebanyakan orang ketika digunakan pada jangka waktu yang singkat, hingga 18 minggu. Tapi temulawak mungkin tidak aman bila digunakan dalam jumlah besar atau untuk jangka waktu yang lama. Hal itu dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual. Peringatan khusus pada pemakaian oleh ibu hamil menyusui, karena tidak cukup diketahui tentang penggunaan temulawak ini selama kehamilan dan menyusui. Tetap agar lebih aman, hindari penggunaannya.



Referensi :
 
Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami spesialis lambung
Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi Gratis Bisa Di Layanan Konsumen :

PIN BB             : 5E29237F
SMS/WA/Line : 085221818880

Atau datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :

Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)

1 komentar:

  1. Mau tanya pak, apa temulawak bisa mencegah penyakit kanker. mohon informasinya.

    BalasHapus