Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Minggu, 10 Mei 2015

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan perlu kita ketahui bahwa lidah buaya atau dikenal dengan sebutan aloe vera merupakan salah jenis tanaman yang memiliki daun yang berdaging. Tanaman ini di kenal dengan manfaatnya yang sangat banyak dalam bidang kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak senyawa biologis yang aktif. Diantara kandungan tanaman ini adalah antrakuionon, mannas asetat, polymannas dan lektin. Selain itu tanaman ini mengandung lebih dari dua ratus senyawa lainnya yang berguna untuk pengobatan terutama sebagai obat-obatan herbal.  


Secara keseluruhan lidah buaya memiliki kurang lebih tujuh puluh lima macam zat yang terkandung dalamnya. Zat zat tersebut merupakan berbagai macam zat yang sangat baik untuk kesehatan. Zat zat yang terkandung dalam tanaman itu antara lain :

    Enzim membantu proses pencernaan dan radang
    Semua jenis vitamin hanya vitamin D yang tak di miliki oleh tanaman ini
    Mineral dalam pembentukan enzim
    Gula dengan rantai yang panjang
    Saponin atau anti mikroba
    20 asam amino


Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jauh sebelum pengetahuan modern berkembang para leluhur telah menggunakan lidah buaya untuk pengobatan. Lidah buaya juga di kenal sebagai salah satu obat penyembuh luka yang ampuh. Khasiat lidah buaya yang paling terkenal di masyarakat umum adalah kemampuannya untuk mengobati luka bakar. Selain itu tanaman ini juga memiliki banyak khasiat lainnya. Khasiat lain dari lidah buaya adalah kemampuan buah ini untuk melakukan detoksifikasi dalam tubuh. Buah ini memiliki kemampuan untuk membuang racun yang ada didalam tubuh dengan alami. Dengan hanya mengkonsumsi jus lidah buaya tubuh akan mengalami peluruhan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Tubuh akan terasa sehat terhindar dari stres akibat detoksifikasi yang berjalan dengan baik pada tubuh. Tanaman ini juga mampu mengatasi gangguan pencernaan. Tanaman ini sangat bermanfaat dalam mengobati radang pada perut, iritasi pada usus dan lambung. Bahkan tanaman ini mampu mengatasi refluks asam.

Penderita diabetes juga sangat di sarankan untuk mengkonsumsi lidah buaya. Tanaman ini jika di konsumsi oleh penderita diabetes secara rutin selama empat belas minggu telah terbukti mampu mengurangi kandungan gula dalam darah hingga empat puluh lima persen. selain itu tanaman ini juga sangat baik dalam menyembuhkan gusi yang tidak sehat. bagi anda yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan mengkonsumsi tanaman ini juga sangat di anjurkan. Tanaman ini mampu melancarkan metabolisme dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Baca juga : Pengertian Mengenai Patofisiologi Diabetes Mellitus.

Zat anti oksidan yang dimiliki oleh lidah buaya juga sangat baik untuk menangkal serangan radikal bebas pada tubuh. Tanaman ini mampu menjadi tameng atau menjaga kekebalan tubuh kita jika di konsumsi secara tepat. Tak hanya untuk kekebalan tubuh, khasiat lidah buaya juga sangat baik bagi yang memiliki masalah kulit semacam jarawat. Selain itu untuk kecantikan dan kesehatan rambut juga sangat baik.

Berikut cara mengkonsumsi lidah buaya dengan cara di jadikan jus : 

Alat dan Bahan

Beberapa daun lidah buaya yang cukup tua
Pisau kupas (Pisau dapur)
Sendok makan
Blender
Jeruk (atau anggur, atau buah asam lain)
Wadah dengan tutup kedap udara

Cara Membuat  :

Cara  I
* Potong beberapa lembar daun lidah buaya yang cukup tua langsung dari tanaman.

* Kupas sisi daun lidah buaya yang berduri dengan menggunakan pisau kupas, lalu cuci daun lidah buaya dengan air matang.

* Belah daun lidah buaya menjadi dua. Keruk gel (“daging”) lidah buaya dengan menggunakan sendok. (Catatan: Jika anda kurang nyaman dengan cara ini, anda dapat mengupas keseluruhan kulit dan memotong kecil-kecil “daging” lidah buaya).

* Masukkan gel lidah buaya ke dalam blender, tambahkan air perasan buah jeruk secukupnya. Blender bahan-bahan ini selama 2 menit. (Catatan: Gel lidah buaya tanpa kulit tidak tahan lama karena akan teroksidasi oleh udara. Air jeruk berguna untuk menstabilkan gel lidah buaya supaya tahan lama dan untuk memberikan cita rasa).

* Tuang jus lidah buaya buatan anda ke dalam wadah dengan tutup kedap udara. Diamkan di dalam lemari es minimal 2 jam.

* Jus lidah buaya anda siap dikonsumsi. Jus ini tahan selama seminggu, namun untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, sebaiknya dihabiskan dalam 3 hari.

Cara mengkonsumsi jus lidah buaya: tuang dua sendok makan jus lidah buaya buatan anda ke dalam segelas air matang, lalu aduk. Jus ini masih dapat ditambahkan jus buah jika anda suka.

***
Cara  II

* Cuci bersih lidah buaya. Lepaskan kulit lidah buaya, ambil dagingnya. Lalu, potong sesuai selera.

* Cuci hingga bersih (tidak berlendir) dan tiriskan.

* Untuk menghilangkan bau lidah buaya yang tak sedap dan mengecilkan pori-pori lidah buaya agar tidak hancur, ambil daun pandan dan masak bersama air. Setelah masak, angkat dan diamkan sekitar 2 menit. Masukkan potongan lidah buaya dan aduk hingga merata.

* Diamkan selama 5 menit. Lalu, tiriskan dan pisahkan air daun pandan dan lidah buaya. Masukkan dalam toples berbeda. Simpan dalam lemari es.

Cara Membuat jus

* Ambil lidah buaya yang sudah diolah sesuai selera ke dalam gelas.

* Masukan air daun pandan, madu randu dan es batu ke dalam blender hingga berbusa. Lalu, campurkan ke dalam gelas yang telah berisi lidah buaya.

* Siap disajikan.

***

Cara III

* Kupas lidah buaya, potong kotak panjang 3 cm dan tebal 1/2 cm

* Lumuri dengan garam dan air kapur sirih, diamkan 1 jam, lalu bilas sampai bersih dan lendirnya hilang. Tiriskan.

* Rendam dalam air tawas, diamkan selama 1 jam, bilas dengan air matang sampai bersih. Tiriskan.

* masukan ke air gula (air yang direbus bersama gula pasir)
hidangkan dingin....

Khasiat lidah buaya yang lainnya juga bisa di gunakan sebagai obat ketombe dan melembabkan rambut sehingga terlihat berkilau dan sehat. manfaat lidah buaya sungguh sangat banyak dalam kehidupan sehari hari. Sayangnya masih jarang bagi masyarakat indonesia untuk mengkonsumsi tanaman ini secara rutin. khasiatnya yang sangat banyak tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan dan menjaga kesehatan. Semoga setelah membaca artikel ini kita bisa memanfaatkan tanaman ini dengan baik untuk menjaga kesehatan.

Referensi :
 
Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami spesialis lambung

Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi Gratis Bisa Di Layanan Konsumen :
PIN BB            : 5E29237F 
SMS/WA/Line : 085221818880
Telepon : 0265 – 324186 (jam kerja)

Atau datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :


Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)



obat maag, obat maag alami, obat maag yang manjur, obat maag akut, obat alami maag, sakit maag, obat sakit maag, penyebab sakit maag, pantangan sakit maag, tanda tanda sakit maag, obat maag tradisional, obat tradisional maag, obat sakit maag tradisional, penyakit maag, obat penyakit maag, penyebab penyakit maag, makanan untuk penyakit maag, pantangan penyakit maag, maag gejala maag, gejala sakit maag, gejala penyakit maag, gejala maag kronis, gejala maag akut maag kronis, obat maag kronis, obat sakit maag kronis, penyakit maag kronis, sakit maag kronis, ciri ciri sakit maag, ciri ciri penyakit maag, ciri ciri maag, ciri ciri maag kronis, ciri sakit maag, obat maag herbal, obat herbal maag, obat herbal sakit maag, obat herbal untuk maag, obat herbal maag kronis, cara mengatasi sakit maag, tips mengatasi maag, cara mengatasi maag, mengatasi maag, mengatasi sakit maag, cara mengobati sakit maag, cara mengobati maag, mengobati maag, cara mengobati penyakit maag, mengobati sakit maag.

1 komentar: