Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Kamis, 14 Januari 2016

Ternyata Bahaya Asap Rokok Berpengaruh Bagi Kesehatan

Tahukah kawan sekalian ternyata bahaya asap rokok dapat berpengaruh bagi kesehatan kita. Kebiasaan merokok di dalam ruangan ternyata berdampak sangat buruk karena membuat racun yang terkandung di asap rokok terbukti menempel di berbagai benda dalam jangka waktu lama. Sebuah penelitian membuktikan hal itu, sehingga ada baiknya Anda tak lagi melakukan kebiasaan buruk tersebut.

bahaya asap rokok


Asap rokok yang menyebar di ruangan membuat berbagai perabotan di dalamnya ikut menyimpan ribuan bahan kimia yang bersifat karsinogen atau memicu kanker. Laman Telegraph merilis hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli kimia, dokter Eunha Hoh. Seseorang dapat mengalami kanker, asma, masalah pernapasan dan paru-paru, juga iritasi pada mata dan tenggorokan.

Ruangan yang sering digunakan untuk merokok, bisa jadi tempat yang berbahaya bagi manusia terutama anak-anak. Racun dalam asap rokok dapat mengubah berbagai senyawa kimia yang terkandung dalam suatu benda, menjadi lebih beracun. Misalnya saja zat kimia dalam cat tembok yang akan makin berbahaya dan tak aman bagi penghuninya jika terpapar asap rokok dalam waktu lama.

“Kami benar-benar terkejut dengan betapa kuatnya kontaminasi di rumah, bahkan setelah beberapa bulan orang berhenti merokok di dalam rumah,” tutur dokter Penelope Quintana seorang ilmuwan kesehatan lingkungan.

Dewasa ini semakin banyak orang yang merokok disekitar kita, bahkan tidak sedikit anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama yang mengkonsumsinya.

Walau tak secara langsung menghirup asap rokok, namun anak-anak dapat menghirup berbagai zat beracun karsinogen itu dari perabot dalam ruangan seperti karpet, tirai, lemari, baju, cat tembok dan benda lainnya. Hal yang sama juga terjadi jika Anda merokok di dalam mobil atau kendaraan tertutup lainnya.

Ternyata Bahaya Asap Rokok Berpengaruh Bagi Kesehatan

Tapi tahukah anda? Pada saat seseorang merokok atau bisa dikatakan perokok aktif, dalam setiap hisapannya maka terdapat kurang lebih 4000 bahan senyawa kimia yang disebarkan ke udara, adapun racun-racun sebagai berikut:

Tar : bahan pengeras jalan
Nikotin : jenis pestisida
Acetone : Penghapus cat
Naphtylamine : Bahan penyebab kanker
Methanol : Bahan bakar roket
Pyrene : Bahan penyebab kanker
Dimethylnitrosamine Napthalene : Kapur barus (kamper)
Cadmium : Bahan penyebab kanker, biasa dipakai pada accu mobil
Carbon Monoxide : gas beracun yang keluar dari knalpot
Benzopyrene : Bahan penyebab kanker
Vinyl Chloride : Bahan penyebab kanker, biasa digunakan untuk bahan plastik
PVC Hydrogen Cyanide : Racun yang digunakan untuk pelaksanaan hukuman mati
Toluidine Ammonia : Pembersih lantai
Urethane : Bahan penyebab kanker
Toluene : Pelarut Industri
Arsenic : Racun semut putih
Dibenzacridine : Bahan penyebab kanker
Phenol : antiseptik untuk pembedahan
Timbal : Bahan tambahan bensin
Kromium: Senyawa organic Butane : Bahan bakar korek api
Metil Etil Keton : Pelarut karet sintesis
Formalin : Balsem pengawet mayat
Benzena : Campuran bahan bakar mobil
Asam Sulfurik : Bahan pupuk dan peledak 
DDT : Insektisida yang terlarang
Shellac : Bahan pengkilap kayu

Nah dari daftar diatas bisa diambil kesimpulan mengapa asap rokok dikatakan begitudestruktif? dari 4000 senyawa kimia tersebut, 200 di antaranya toksik (beracun), 43 di antaranya adalah pemicu kanker. Asap rokok (secondhand smoke) ada dua kategori dan kedua-keduanya berbahaya.

Demikian Tentang ternyata bahaya asap rokok berpengaruh bagi kesehatan kita, baik bagi perokok aktif  maupun bagi perokok pasif, yang bisa saya ulas rangkumannya, sumber Referensi:

1.      Mainstream smoke : yakni asap yang terkepul dari mulut si perokok, setelah terlebih dahulu dihisap dan melewati paru-paru sang perokok.

2.      Sidestream smoke : yakni asap yang terbit dari pangkal rokok menjelang rokok habis. Ini yang paling berbahaya. Kandungan kimia beracun dari asap jenis ini berlipat-lipat ketimbang mainstream smoke. Sidestream smoke, seringkali terekpose ke udara tanpa filter. Memuat kandungan senyawa karbonmonoksida (CO) lima kali lebih besar ketimbang asap rokok utama. Karbonmonoksida sendiri, kita tahu, adalah gas beracun yang cukup efektif dalam melumpuhkan kemampuan darah menyerap oksigen. Sidestream smoke juga mengandung tiga kali lebih besar benzopyrene (pemicu kanker) dan 50 kali lipat kandungan amonia (penyebab iritasi mata dan pernafasan) ketimbang mainstream smoke.

bahaya asap rokok


Akibat Paparan Asap Rokok Terhadap Manusia Diantaranya

-  Bayi             : Meningkatkan risiko sudden infant death syndrome (SIDS)
- Anak-anak  : Meningkatkan frekuensi flu Memberi peluang infeksi telinga Risiko tinggi
                  Pneumonia dan bronchitis Risiko membuat paru-paru lemah Menumbuhkan Asma.
- Dewasa       : Memicu kanker Memberi jalan problem paru-paru Serangan jantung, Peluang stroke. 
Demikian Tentang ternyata bahaya asap rokok berpengaruh bagi kesehatan kita, baik bagi perokok aktif maupun bagi perokok pasif, yang bisa saya ulas rangkumannya, sumber Referensi:
http://sidomi.com/427116/racun-asap-rokok-ternyata-akan-menempel-lama-di-dalam-ruangan/
http://dudisetiadi91.blogspot.co.id/2012/06/kandungan-racun-pada-asap-rokok.html

Referensi lain: 

Anda bisa konsultasi GRATIS!!! Kepada kami via Kontak Kami diwidget atas bagian kanan. atau langsung invite PIN : 5E29237F  bisa juga melalui SMS/WA/Line : 085221818880
Terimakasih semoga bermafaat untuk kita semuanya. Salam sehat.... :)

0 komentar:

Posting Komentar