Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Jumat, 05 Februari 2016

Ketahuilah 18 khasiat Jahe untuk Kesehatan Anda!

Beberapa Khasiat jahe Perlu anda ketahui, jahe yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Zingiber Officinale merupakan tanaman yang sangat umum dijumpai dalam masyarakat indonesia. Tanaman ini termasuk tanaman rimpang, rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Kandungan senyawa keton yang terdapat pada jahe, menimbulkan rasa yang sedikit pedas pada tanaman ini.


khasiat jahe untuk kesehatan


Senyawa-senyawa terdapat pada jahe memiliki andil yang cukup besar untuk kesehatan kita semisal, senyawa Phenol, yang memiliki efek anti-radang serta dapat mengusir penyakit dan ketegangan otot. Terdapat juga senyawa zingiberene dan shogol yang dikenal sebagai antioksidan dan sangat efektif melawan penyakit kanker dan juga jantung. Minyak atsiri merupakan senyawa lain yang terkandung dalam tanaman jahe sehingga membuat nilai tambah yang luar biasa untuk tanaman obat ini dalam dunia kesehatan kita. senyawa ini dapat mengurangi rasa nyeri, dan juga sebagai pembasmi bakteri yang merugikan tubuh manusia.

Nah diatas merupakan senyawa yang terdapat pada jahe sehingga memiliki khasiat yang berguna bagi kita, berikut 18 manfaat jahe yang wajib anda ketahui.

18 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Anda!

1.    Menyehatkan Jantung
Dengan teratur mengkonsumsi jahe dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan mengurangi resiko terkena penyakit stroke karena pada dasarnya jahe yang di konsumsi secara teratur mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dan akan berdampak pada jantun sehingga lebih sehat.

2.    Mengontrol Kadar Gula Darah Untuk Penderita Diabetes
Para pakar kesehatan di berbagai rumah sakit ketika mendapati pasiennya menderita penyakit diabetes maka ia sangat menganjurkan kepada pasiennya untuk mengkonsumsi minuman jahe setiap pagi dengan rutin, karena hal tersebut akan mampu mengontrol kadar gula darah.

3.    Menghilangkan Gatal Pada Tenggorokan
Tenggorokan yang gatal, dan berujung batuk – batuk bisa anda atasi dengan cara menjadikan jahe sebagai minuman hangat yang bisa anda konsumsi sebanyak tida kali dalam satu hari.

4.    Anti Mabuk Perjalanan
Dengan mengkonsumsi jahe yang telah di racik menjadi sebuah minuman hangat, akan mampu menghalau mabuk perjalanan dan rasa mual.

5.    Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan wedangjahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

6.    Mengurangi Gejala Radang Pada Sendi
Pada dasarnya jahe mimiliki kandungan anti inflamasi dan anti inflamasi yang terdapat pada jahe sangat baik untuk mengurangi berbagai gangguan pada sendi, seperti radang sendi (arthritis), rheumatoid dan osteoarthritis.

7.    Jahe Sebagai Anti Virus
Jika anda adalah seseorang yang sedang menderita sakit pilek atau flu, anda bisa jadikan jahe sebagai solusi penyakit anda dengan cara meminumnya.


8.    Mengatasi Permasalahan Pencernaan
Beberapa masalah yang di alami perut bisa teratasi dengan cara meminum air jahe, seperti perut yang keram, sakit perut saat mau haid berbagai penyakit yang menyerang pencernaan lainnya. Jahe mampu membantu melancarkan pencernaan karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

9.    Memerkuat daya tahan Tubuh
Dengan mengkonsumsi jahe setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit sehingga tubuh orang yang mengkonsumsinya akan tetap sehat dan tidak mudah sakit.

10.  Mengatasi Mual di Pagi Hari
Ketika pagi hari kita terbangun dari tidur, tentunya semua orang pada umumnya sering mengalami rasa mual pada pencernaan. Dengan mengkonsumsi minuman jahe, maka rasa mual yang kita alami bisa teratasi. Menurut para pakar kesehatan hal itu terbukti ampuh 75% oleh orang – orang yang mengkonsumsinya.

11.  Melancarkan Sirkulasi Darah
Di dalam jahe terdapat kandungan mineral yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi dara, agar sirkulasi darah dalam tubuh pengkonsumsinya bisa berjalan optimal.

12.  Mencegah Kanker Kolorektal
Sebuah universitas di Amerika Serikat (As) Mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersumber dari tanaman jahe akan dapat mencegah kanker pada usus besar.

13.  Mengobati Sakit Kepala
Sakit kepala seperti pusing-pusing dan sakit kepala sebelah (migren) dapat teratasi dengan cara mengunyah jahe yang segar selama tiga puluh menit.

khasiat jahe untuk kesehatan

14.  Mengobati Alergi
Sifat Antihistamin yang terkandung di dalam tanaman jahe sangat baik untuk di konsumsi oleh orang yang memiliki alergi.

15.  Obat Mual dan Masuk Angin
Jahe berguna juga sebagai obat untuk mengeluarkan angin dari tubuh, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Dengan mengkonsumsi jahe atau makanan olah jahe membuat lambung menjadi terasa nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin dalam tubuh.

16.  Obat Kompres Jika Demam
Tidak hanya jahenya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, daun jahe pun bisa digunakan untuk kesehatan yang salah satu nya obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil. Ada cara untuk menggunakan daun jahe ini untuk pengobatan, caranya antara lain:
khasiat jahe untuk kesehatan
  • Siapkan beberapa daun jahe dan air.
  • Tumbuklah daun jahe tersebut dan diberikan sedikit air.
  • Hasil tumbukan bisa langsung digunakan sebagai obat pada sakit kepala dan dapat dipercikan airnya ke wajah orang yang sedang menggigil.
  • Dengan mengetahui seluruh manfaat jahe diatas, saya rasa untuk penyakit penyakit yang sekiranya dapat di atasi oleh tanaman ini, lebih baik rasanya anda menggunakan tanaman ini dari pada mengkonsumsi obat kimi yang jelas sangat merugikan ada dalam waktu panjang. 
17.  Menangkal Radikal Bebas
Jahe mengandung antidioksidan yang dapat membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh masuk nya radikal bebas yang berada di dalam tubuh.

18.  Mengobati Penyakit Rematik
Jahe juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit rematik ada cara sebelum mengkonsumsi olahan jahe tersebut, caranya adalah:
  • Siapkan 1 sampai 2 rimpang jahe.
  • Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara.
  • Kemudian tumbuklah.
  • Hasil tumbukkan tersebut tempelkan pada bagian tubuh yang sakit rematik.
khasiat jahe untuk kesehatan

Demikian 18 khasiat jahe yang harus anda ketahui untuk kesehatan anda dengan penjelasan yang singkat ini. Sebetulnya masih banyak khasiat dari jahe ini, namun hanya sebagian yang saya expos disini, barangkali sobat-sobat sekalian mau menambahkan, silahkan... :) Semoga bermanfaat. Salam Sehat.....!!! 



Referensi :

Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami Spesialis Lambung melalui kontak kami di widget.

Bagi anda yang ingin konsultasi Gratis!!! Bisa di Layanan Konsumen :
PIN BB             :  5E29237F
SMS/WA/Line  : 085221818880
Telepon             : 0265 – 324186 (jam kerja)

Atau anda bisa datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :
spesialis lambung








Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)

3 komentar:

  1. saya sangat setuju kalau yang namanya jahe bisa membantu menyehatkan tubuh. Khususnya saya kalau masuk angin ketika touring pake mobil jazz, saya senang sekali cari minuman jahe atau vitamin C.

    Tapi dengar-dengar ada kawan saya di club mobil yang bilang kalau perempuan ga boleh minum jahe? apakah benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gak boleh minum jahe jika dibayarin, kecuali bayar sendiri, hehehe...

      semua gender boleh minum jahe apalagi untuk kesehatan...

      Hapus
  2. Italia 458 dilengkapi dengan saklar balap manettino yang mengarah ke arah yang lebih olahraga set up dan memberikan sopir pilihan yang lebih luas dari parameter kontrol elektronik. Pengaturan ICE saw di F430 telah dihapus, sementara pengaturan CT telah ditambahkan untuk menonaktifkan kontrol traksi dan pada saat yang sama menjaga kontrol stabilitas. Ada lima posisi yang berbeda manettino dan kondisi: Grip Rendah, Sport, Race, CT dan CTS. Pengaturan Grip rendah memberikan pegangan maksimum di bawah semua kondisi mengemudi, dan itu sangat cocok untuk permukaan grip rendah. Penekanannya adalah pada kenyamanan dan stabilitas tanpa mengorbankan penanganan. Olahraga adalah pengaturan terbaik untuk hari ke hari mengemudi dan menjamin keamanan besar di bawah pegangan yang baik. Ras sangat cocok untuk mengemudi track memberikan performa maksimal dan stabilitas dalam situasi cengkeraman optimal. CT membantu pengemudi meningkatkan keterampilan
    Honda Jazz Club mengemudi di keselamatan, dengan menjaga aktif kontrol stabilitas. Hal ini memungkinkan lebih-mengarahkan tepat ke tepi batas mobil dan jaminan ditingkatkan kenikmatan berkendara dan menyenangkan di belakang kemudi, terutama di trek. Di bawah pengaturan CTS, kedua sistem kontrol stabilitas dan traksi yang dinonaktifkan, memberikan kebebasan pengemudi maksimum dan kontrol di trek. Tidak ada sistem elektronik intervensi pada stabilitas kendaraan dengan pengecualian E-diff3 dan ABS.

    BalasHapus