Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Senin, 20 Maret 2017

Kenapa penderita sakit lambung sering merasakan cemas berlebihan ?

Kenapa penderita sakit lambung sering merasakan cemas berlebihan ?


Berdasarkan penelitian banyak persarafan, hormonal, dan neurotranmiter kimia yang menghubungkan otak dengan saluran pencernaan. Karena saling terhubung inilah maka gangguan pada saluran pencernaan dapat mempengaruhi fungsi kerja otak demikian juga sebaliknya. Penyakit asam lambung dapat mencetuskan serangan panik atau gangguan cemas dan sebaliknya serangan panik atau gangguan cemas dapat mencetuskan terjadinya penyakit asam lambung.

Gangguan lambung memang sering berkaitan dengan gejala cemas, hampir kebanyakan ahli menyetujui kebanyakan gangguan lambung biasanya merupakan gangguan lambung fungsional, dalam artian tidak terdapat adanya luka di lambung atau kelainan lainnya. Masalah lambung merupakan gangguan psikosomatik yang paling sering dialami.( gangguan psikosomatik adalah suatu keluhan fisik yang disebabkan masaalah psikologis )



Masalah keterkaitan ini biasanya saling timbal balik, pasien yang mengalami gangguan lambung rentan mengalami kecemasan panik jika masalah lambungnya memang agak parah. Biasanya gejalanya asam lambung naik atau rasa seperti terbakar. Hal ini akan merangsang saraf vagus yang berada di kerongkongan yang bisa membuat gejala kecemasan makin nyata. Jadi kedua faktor yang berkaitan ini harus ditangani. Karena saling terhubung ini, maka harus dicari tahu terlebih dahulu apakah yang pertama kali mencetuskan keluhan yang kamu rasakan. Apakah penyakit asam lambungnya ataukah karena stress.

Penelitian yang telah dilakukan, baik kecemasan dan depresi berhubungan dengan risiko dua sampai empat kali lipat dari penyakit GERD. Beberapa peneliti percaya bahwa bahan kimia otak yang disebut cholecystokinin (CCK), yang telah dikaitkan dengan panik dan gangguan pencernaan, mungkin memainkan peran dalam timbulnya GERD pada orang dengan gangguan kecemasan. Faktor lain yang memungkinkan dan berkontribusi adalah ketika orang cemas mereka cenderung memicu atau memperburuk refluks asam lambung ke kerongkongan.


Apa yang bisa dilakukan ?


Pendekatan konsep biopsikososial pada kondisi medis umum adalah yang terbaik. Ini berarti bahwa pasien selain perlu ditangani masalah fisik medis yang terkait dengan kenaikan / refluks asam lambung juga perlu mendapatkan penanganan kondisi cemasnya yang sering berkaitan dengan gangguan cemas panik dan depresi. ketika kondisi cemas paniknya teratasi dengan baik, maka keluhan lambungnya bisa jauh berkurang bahkan baik sama sekali. Tata laksana yang tepat dan menyeluruh perlu dilakukan mengingat jika tidak diobati, refluks asam lambung dapat menyebabkan peradangan lapisan esofagus yang akan mengakibatkan kesulitan menelan, nyeri dada kronis, dan bahkan dapat menyebabkan kanker kerongkongan. 

Seperti diungkapkan di atas bahwa cemas dan depresi bisa memperberat penyakit asam lambung tinggi / GERD sampai beberapa kali lipat, maka ada baiknya penanganan pasien dengan gangguan lambung ini  yang juga mengalami kondisi kecemasan tinggi, baik akibat latar belakang psikologisnya ataupun karena memikirkan penyakitnya perlu ditangani kondisi kesehatan jiwanya. Hal ini diupayakan agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam penyembuhan kasus-kasus penyakit asam lambung tinggi / GERD.


Ingin Konsultasi Kesehatan Lambung atau Sakit Maag ? 
Telepon ke 082218528882. SMS/WA ke 085221818880.

2 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat untuk kita semua
    salam kenal dan salam sehat selalu.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya, salam sehat selalu

    BalasHapus