Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Senin, 13 Maret 2017

kondisi kesehatan Anda, ternyata bisa di lihat dari warna lidah

kondisi kesehatan Anda, ternyata bisa di lihat dari warna lidah

Tahukah Anda bahwa warna lidah ternyata dapat dijadikan indikator terhadap kondisi kesehatan Anda. Warna lidah juga bisa menjadi alat deteksi dini untuk mengungkapkan masalah kesehatan tubuh Anda.
Kebanyakan orang menganggap lidah hanyalah salah satu indera yang berfungsi untuk merasakan makanan dan alat untuk berbicara. Padahal, faktanya tidak sekadar itu. Lidah tersusun atas sekelompok otot yang bergabung. Adapun fungsi lidah yaitu untuk berbicara, mengecap dan menelan. Karena lidah kaya pembuluh darah dan air liur yang mengalir terus-menerus, maka kondisi lidah akan terus bersih dan potensi pertumbuhan bakteri berbahaya juga relatif kecil.Itu sebabnya, setiap perubahan warna, tekstur dan kelembaban lidah akan menentukan kondisi kesehatan Anda. Normalnya, kita hanya mengetahui jika lidah memiliki warna merah muda. Namun, lidah kadang berubah warna sesuai dengan kondisi yang terjadi pada tubuh manusia. Diantara warna-warna tersebut adalah:

Lidah berwarna putih
Lapisan putih di lidah atau bintik-bintik putih di lidah bisa disebabkan dehidrasi, pernapasan mulut yang berlebihan, sariawan di mulut, leukoplakia (kondisi ketika sel dari mulut tumbuh berlebihan) dan oral lichen planus (jaringan garis putih di lidah). Saat lidah mengalami perubahan ke warna putih, hal ini menandakan orang tersebut biasanya menderita tifus, namun warna putih pada lidah ini juga dapat menunjukkan gejala flu atau masalah pencernaan, jika warna putih ini tipis-tipis, biasanya orang tersebut sedang kekurangan darah.

Lidah berwarna kuning
Saat lidah mengalami warna kekuningan, dapat diindikasikan bahwa tubuh mengalami infeksi bakteri. Jika warna kuningnya agak kehijauan, maka infeksi bakteri sudah cukup tinggi. Warna kuning dapat berarti adanya panas tubuh yang berlebih, yang bisa disebabkan oleh adanya konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol, atau adanya stress. . Lidah kuning terjadi karena pembentukan jamur pada permukaan lidah karena kurangnya menjaga kebersihan mulut

Lidah berwarna merah
Jika lidah anda menjurus ke warna merah, hal ini menandakan adanya aktifitas panas pada tubuh. Jika warna merah hanya ada di ujung lidah, hal ini menandakan adanya panas pada jantung, sementara itu jika warna merah berada di ujung kanan atau kiri lidah, bisa jadi ada masalah di ginjal dan kandung empedu. Panas abnormal yang dihasilkan dalam tubuh Anda membuat lidah berwarna merah. Lidah berwarna merah juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin dan demam berdarah. Oleh karena itu, cukupi nutrisi harian Anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B-12 dan vitamin B3.

Lidah berwarna biru
Jika lidah mengalami perubahan warna ke warna biru, maka hal ini menandakan adanya darah yang dingin atau statis, tidak bergerak. Jika warna biru menjurus ke keunguan, brarti kondisi darah justru lebih parah.

Lidah berwarna ungu
Jika lidah berwarna keunguan, maka ada indikasi adanya aliran darah yang tidak lancar atau adanya demam. Bahkan, jika warna ungu meliputi seluruh bagian lidah, bagian organ dalam tubuh diindikasikan sedang mengalami panas yang cukup tinggi. Lidah berwarna ungu dapat menjadi pertanda penyakit dan masalah kesehatan, seperti bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi dan asupan makanan dingin. Untuk mengatasinya, konsumsilah bawang putih dan jahe untuk mengembalikan warna lidah Anda menjadi merah muda.

Lidah berwarna Hitam
Lidah berwarna hitam menjadi pertanda kondisi kesehatan Anda yang dalam bahaya. Lidah hitam juga bisa dipicu oleh gejala diabetes, penggunaan antibiotik, dan kebersihan mulut yang buruk. Hal ini kemungkinan karena bakteri dan jamur berkembang subur di permukaan lidah sehingga membuat lidah berwarna hitam

Lidah berwarna Coklat
Lidah berwarna coklat menjadi tanda-tanda awal kanker kulit yang disebut melanoma. Jika pada lidah Anda terdapat bintik coklat yang perlahan-lahan berubah menjadi gelap, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.


Ingin Konsultasi Kesehatan Lambung atau Sakit Maag ? 
Telepon ke 082218528882. SMS/WA ke 085221818880.

0 komentar:

Posting Komentar