Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Rabu, 12 April 2017

Penyebab Sering Sendawa


Penyebab Sering Sendawa

Sendawa Setelah makan lumrah dialami seseorang. Hal itu normal meski pada beberapa kasus, sendawa juga bisa dipicu kondisi-kondisi tertentu. Sendawa adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan gas secara alami. Kondisi ini umumnya adalah hal yang baik karena jika tidak dikeluarkan, maka gas dalam perut dapat menyebabkan perut kembung yang kadang disertai dengan sakit perut.



saat makan atau menenggak minuman, sekitar 15 cc udara bisa masuk ke lambung. Karena ruang di lambung terbatas, maka lambung mendorong 75 sampai 80 persen udara hingga keluar ke kerongkongan kemudian ke mulut. umumnya orang akan bersendawa 3 sampai 6 kali setelah makan dan minum. Nah, sisa udara yang ikut mengalir ke saluran pencernaan bersama sisa makanan akan diserap di usus kecil atau menyelinap ke usus besar dan dilepaskan melalui kentut.

jika anda banyak minum minuman berkarbonasi anda bisa lebih sering sendawa karena Anda cenderung menelan lebih banyak udara, tapi itu normal. Selain itu, dalam beberapa kasus sering sendawa bisa menunjukkan masalah yang lebih serius, seperti Gastroesophageal Reflux Disease (GERD ) Kondisi ini diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan.Tukak lambung, luka pada perut, kerongkongan, dan usus halus bagian atas. Gangguan pada pankreas (pancreatic insufficiency, Gastritis atau peradangan pada dinding perut.


Pada beberapa kasus juga, obat untuk mengurangi asam lambung justru bisa menyebabkan sendawa lebih sering. penyebab lain sering bersendawa yakni banyaknya bakteri yang tumbuh di usus kecil. Biasanya, kondisi ini disertai dengan keluhan seperti kembung, kram perut, atau diare.
Beberapa kelompok makanan dan minuman dapat menimbulkan sendawa terus menerus, antara lain brokoli, kacang-kacangan, pisang, biji-bijian utuh, kismis, dan minuman berkarbonasi. Minuman keras, makanan kaya akan gula, tepung, dan serat juga dapat menyebabkan sering sendawa.

Umumnya sendawa bukanlah hal yang berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus. namun, jika Anda sering sendawa lebih dari 3 sampai 6 kali setelah makan, atau sering sendawa ketika Anda tidak makan dan minum, tak ada salahnya segera cek ke dokter. Sebab, bisa saja terjadi masalah yang lebih serius pada kesehatan Anda.


 Ingin Konsultasi Kesehatan Lambung atau Sakit Maag ? Telepon SMS/WA ke 085221818880.
 

0 komentar:

Posting Komentar