Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Selasa, 04 April 2017

Perut kembung ?

Perut kembung ?

Perut kembung adalah gangguan pencernaan dimana penderita merasa perutnya tidak nyaman karena terasa penuh, kencang dan bergas. Di samping itu, perut juga bisa terlihat membesar. Keluhan ini umumnya terjadi bukan hanya pada orang dewasa tapi juga pada anak-anak. Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas bekerja dan sosialisasi penderitanya.


Beberapa gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita perut kembung adalah:
  • Sensasi penuh, sesak, atau pembengkakan pada bagian perut.
  • Rasa nyeri dan penuh gas pada perut.
  • Rasa sakit yang muncul bisa menyebabkan kram perut.
  • Frekuensi bersendawa menjadi lebih sering.
  • Perut terasa bergejolak.
  • Buang angin secara berlebihan.
Perut kembung bisa disebabkan banyak hal, yaitu:
Menelan udara, baik saat makan maupun ketika minum air. Sembelit, Merokok, Makan terlalu cepat, Berat badan meningkat, Pertumbuhan bakteri terlalu cepat di usus kecil, Naik turunnya hormon, khususnya pada wanita yang sedang mengalami pre menstrual syndrome, Kondisi medis tertentu seperti giardiasis (parasit usus), dll.
Pengobatan perut kembung
Perut kembung diobati berdasarkan penyebabnya. Pada kebanyakan orang, perut kembung hanyalah suatu gejala ringan yang penanganannya mudah dilakukan, yaitu mengontrol porsi makanan, kurangi lemak, juga kunyah makanan dengan perlahan. Dengan cara demikian dapat terhindar dari rasa kenyang berlebihan
Jika penderita perut kembung juga merasakan nyeri di perut, muncul darah warna hitam seperti ter pada kotoran, demam tinggi, diare, mulas yang semakin parah, muntah, atau turunnya berat badan tanpa sebab, disarankan segera berkonsultasi dengan dokter.

Ingin Konsultasi Kesehatan Lambung atau Sakit Maag ? Telepon SMS/WA ke 085221818880

0 komentar:

Posting Komentar