Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Rabu, 31 Mei 2017

Tips agar lambung tetap sehat

Tips agar lambung tetap sehat
Menjaga pola makan dan asupan makanan adalah salah satu cara untuk menjaga agar lambung tetap dalam keadaan sehat. Ada beberapa macam makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan lambung anda. Berikut adalah beberapa makanan tersebut:

1. Makanan pedas
Mengkonsumsi makanan pedas seperti cabai dapat melukai atau mengiritasi lambung. Sama halnya dengan makanan yang bersifat pedas lain seperti merica dan paprika.

2. Makanan yang sulit dicerna
Makanan ini akan membuat lambung bekerja ekstra, sehingga akan memperlambat pengosongan lambung. Lambung akan menghasilkan lebih banyak asam. Makanan yang sulit dicerna di antaranya cokelat, keju, kue dengan krim, gorengan dan makanan dengan kadar lemak tinggi.

3. Minuman yang mengandung alkohol, kafein, dan soda
Minuman-minuman ini akan memicu pengeluaran asam lambung. Selain itu, minuman bersoda dan beralkohol akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan rasa penuh di perut. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman-minuman tersebut.

4. Buah dan sayur yang menghasilkan gas
Terdapat beberapa  buah dan sayur yang dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi yaitu sawi, kol, kubis, kacang-kacangan, dan berbagai macam buah seperti nangka, pisang ambon, kedongdong, serta buah yang dikeringkan.

5. Makanan asam

Beberapa makanan dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, sehingga bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Karena itu, hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, kopi dan susu full cream.

6. Beberapa jenis karbohidrat
Terdapat beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak baik untuk lambung, seperti ketan, mie, bihun, pasta, ubi, dll.

Selain itu, aktivitas yang padat setiap hari seringkali membuat pola makan kita menjadi tidak teratur atau sering sekali untuk menunda sarapan dan makan siang. Hati-hati, kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena bisa menimbulkan sakit maag.



Ingin Konsultasi Kesehatan Lambung atau Sakit Maag ? Telepon SMS/WA ke 085221818880.

 

0 komentar:

Posting Komentar