Herbal Uswah Official Website
PIN BB: 5E29237F | SMS/WA/Line:085221818880

Kamis, 13 September 2018

Dampak Stres Terhadap Penyakit maag, Asam Lambung Tinggi Dan Cara Menghindarinya



Seperti yang diketahui, lambung menghasilkan asam lambung untuk mencerna makanan yang masuk sehingga makanan yang masuk akan lebih mudah dicerna di usus. Selain itu, asam lambung juga mencegah kuman masuk ke dalam saluran pencernaan.  Karena banyak mikroorganisme yang tidak tahan asam.

Untuk melindungi dirinya sendiri, lapisan mukosa lambung dilapisi oleh lapisan seperti jel, agar asam lambung yang dihasilkan tidak melukai permukaan mukosa lambung. Menurut para peneliti, sampai saat ini tidak ditemukan bukti yang cukup kuat jika stres akan menaikkan asam lambung. Justru yang terjadi adalah sebaliknya. Saat seseorang mengalami stress, asam lambung yang dihasilkan justru normal atau menurun. 

Tetapi saat stress, tubuh seseorang akan menjadi lebih sensitif, akibatnya saat asam lambung yang diproduksi sama atau bahkan lebih sedikit, tetapi tubuh seseorang meresponnya dengan berlebihan sehingga rasa tidak nyaman di lambung akan lebih terasa. 
Teori lain mengatakan saat seseorang mengalami stress, maka lapisan pelindung mukosa lambung akan menjadi lebih rentan, sehingga asam lambung pun akan lebih mudah mengiritasi lapisan lambung sehingga menghasilkan rasa nyeri. 

Lalu mengenai stress dan typhoid tidak ditemukan hubungan yang berarti. Typhoid lebih ditekankan kepada kondisi sanitasi yang buruk dan higienitas seseorang yang kurang. Tetapi mungkin saja, penderita typhoid yang sebelumnya tidak mendapatkan pengobatan secara tuntas, sehingga di dalam tubuhnya masih ada bakteri penyebab typhoid. Seseorang yang masih memiliki bakteri typhoid di dalam tubuhnya disebut sebagai carrier. Saat seseorang mengalami stress, maka seluruh mekanisme di dalam tubuhnya berubah, sehingga daya tahan tubuh pun menjadi lebih melemah. Mungkin di saat seperti inilah, bakteri penyebab typhoid yang masih berada di dalam saluran pencernaan kembali menyerang saluran pencernaan. Hal-hal yang dapat Anda lakukan :


  •     Mengurangi faktor pencetus stress

  •     Menjalani hidup dengan lebih santai

  •     Menjaga higienitas diri dengan baik

  •     Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan juga sebelum mengolah makanan

  •     Hindari membeli makanan di luar yang kebersihannya masih dipertanyakan

  •     Memakan makanan yang telah matang

Orang yang tidak mampu mengendalikan stres yang dialaminya dapat mengalami nyeri kepala, nyeri perut, maag, asam lambung tinggi, gangguan tidur, penyakit tertentu, dan depresi. Stres dapat dikendalikan dengan membuat jurnal atau catatan harian, meditasi, olahraga, membicarakan masalah dengan orang lain, atau melakukan aktivitas yang disukai.
                           
Penyebab stres

Berbagai hal dapat menyebabkan stres. Kita dapat mengalami stres pada saat wawancara kerja, menjalani ujian sekolah, atau mengikuti perlombaan. Stres jangka pendek seperti itu merupakan hal yang wajar. Stres jangka panjang (kronik) disebabkan oleh suatu peristiwa atau situasi yang menimbulkan stres untuk waktu yang lama, misalnya masalah di tempat kerja atau perseteruan dengan anggota keluarga. Seiring dengan berjalannya waktu, stres yang berkepanjangan dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik.

Masalah pribadi yang dapat menimbulkan stres contohnya:

    Masalah kesehatan, terutama jika menderita penyakit kronis.
    Masalah emosional, misalnya kemarahan yang tidak bisa diungkapkan, depresi, kesedihan, rasa bersalah, atau kurang percaya diri.
    Masalah hubungan personal, misalnya masalah dengan teman atau merasa tidak punya teman.
    Perubahan hidup yang drastis, misalnya kematian orang yang disayangi, diberhentikan dari pekerjaan, menikah, atau pindah ke kota lain.
    Keluarga, misalnya ada keluarga yang mengalami stres atau menderita penyakit serius.
    Konflik batin. Contohnya, seseorang yang sangat menyayangi keluarganya, tetapi tidak bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluarganya.

Masalah sosial dan pekerjaan yang dapat menyebabkan stres di antaranya:

    Hidup di lingkungan yang terlalu padat, kriminalitas tinggi, polusi, atau kebisingan dapat menimbulkan stres kronik.
    Situasi sosial. Tidak punya uang untuk membayar hutang, merasa tidak punya teman, atau adanya diskriminasi sosial juga dapat menimbulkan stres.
    Tidak menyukai pekerjaan yang dilakoni atau tuntutan pekerjaan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan stres.

Dampak dari stres

Stres dapat menimbulkan perubahan dalam tubuh. Selain itu, stres juga mempengaruhi emosi. Beberapa gejala stres di antaranya: denyut jantung cepat, nyeri kepala, kaku leher dan/atau bahu, nyeri punggung, napas cepat, berkeringat, nyeri perut, mual, atau diare. Seiring berjalannya waktu, stres juga dapat mempengaruhi:


  •     Sistem kekebalan tubuh. Stres yang terus-menerus dapat membuat orang mudah untuk jatuh sakit.

  •     Stres berhubungan dengan tekanan darah tinggi, denyut jantung abnormal (aritmia), dan sumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Stres juga berhubungan dengan penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan gagal jantung.

  •     Ketegangan terus-menerus karena stres dapat menimbulkan nyeri pada leher, bahu, dan pinggang.

  •     Saluran cerna. Stres dapat memperburuk penyakit lambung dan usus, Seperti Sakit Maag Kronis, Asam Lambung Tinggi.

  •     Organ reproduksi. Stres berhubungan dengan kesuburan yang rendah, gangguan ereksi, masalah dalam kehamilan, dan nyeri saat menstruasi.

  •     Paru-paru. Stres dapat membuat gejala asma dan penyakit paru obstruktif kronik semakin berat.

  •     Masalah kulit seperti jerawat dan psoriasis dapat diperburuk oleh stres.


Reaksi ekstrim stres disebut dengan serangan panik. Serangan panik adala rasa cemas atau ketakutan yang muncul secara tiba-tiba dan sangat berat hingga membuat seseorang sulit bernapas, pusing, atau jantung berdebar kencang. Orang yang mengalami serangan panik mungkin merasa seperti mengalami serangan jantung atau seperti akan mati. Penyebab serangan panik ini masih belum dapat dijelaskan, tetapi dapat terjadi pada tingkat stres yang tinggi dalam waktu yang lama.

Tanda-tanda stres juga dapat dilihat dari pola pikir, tindakan, dan perasaan. Orang yang mengalami stres dapat:

   - Merasa sulit untuk mengatasi bahkan masalah kecil sekalipun
   - Merasa frustasi, mudah marah pada orang lain tanpa alasan yang jelas
   - Mudah kaget
   - Sulit fokus pada satu pekerjaan
   - Terlalu khawatir dengan hal-hal kecil yang tidak penting
   - Merasa banyak melakukan kesalahan karena tidak bisa bertindak cepat
   - Membayangkan hal-hal buruk akan terjadi

Pengaruh stres pada seseorang bergantung pada berbagai hal seperti: kepribadian, pendidikan dalam keluarga, opini terhadap stres, strategi untuk menghadapi stres, dan sukungan sosial.

Mengukur stres

Merasakan stres adalah fakta yang terjadi di dalam hidup hampir semua orang. Namun, pengaruhnya berbeda-beda pada tiap orang. Hal yang menyebabkan stres pada satu orang mungkin bukan apa-apa bagi orang lain. Hanya diri sendiri yang bisa mengetahui tingkat stres yang dialaminya. Tanyakan pertanyaan ini pada diri sendiri untuk mengetahui penyebab stres:


  •     Berasal dari manakah stres yang dialami? Apakah diri sendiri, keluarga, atau pekerjaan?

  •     Apakah ada perubahan hidup yang drastis yang baru saja terjadi (misalnya baru menikah, pindah   ke kota lain, atau berganti pekerjaan)?

  •     Apakah keyakinan diri yang menyebabkan stres (misalnya prinsip hidup, tujuan hidup, atau cita-cita yang belum tercapai)?

  •     Bangaimana cara diri sendiri menghadapi stres (misalnya dengan tidur atau melakukan aktivitas lain)?


Cara untuk mengurangi stres

Cara yang terbaik dalam menajemen stres adalah dengan mempelajari strategi untuk menghadapi stres secara sehat. Cobalah satu atau beberapa tips sampai menemukan cara yang paling cocok untuk diri sendiri. Jika sudah ketemu yang cocok, lakukan berulang kali sampai hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Beberapa teknik untuk mengurangi stres berfokus pada relaksasi pikiran dan badan.

Cara-cara untuk merelaksasikan pikiran antara lain:


  •     Cobalah untuk menuliskan hal-hal yang mengganggu pikiran. Tuliskan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan stres dan semua yang dirasakan dalam menghadapi peristiwa tersebut secara rutin setiap hari. Cobalah lacak hal-hal yang menimbulkan stres sehingga akhirnya menemukan cara yang terbaik untuk menghadapi stres tersebut.

  •     Ungkapkan perasaan. Katakanlah, tertawalah, menangislah, dan luapkanlah kemarahan, semua hal ingin diungkapkan. Membicarakan masalah yang dialami dengan keluarga, teman, psikolog, atau tokoh agama merupakan cara yang sehat untuk mengurangi stres.

  •     Lakukan hal yang disenangi. Kadang orang merasa terlalu sibuk untuk melakukan hal-hal seperti ini, tetapi meluangkan waktu untuk melakukan hobi atau kegiatan yang disukai dapat membuat kita tenang. Contohnya berkebun, membuat kerajinan tangan, memlihara binatang, atau melakukan aktivitas sosial.

  •     Fokus pada apa yang dihadapi saat ini. Meditasi dapat membantu memfokuskan perhatian pada hal-hal yang terjadi saat ini.


Sedangkan cara untuk merelaksasikan tubuh di antaranya:

    Olahraga merupakan salah satu cara yang terbaik untuk mengendalikan stres. Berjalan kaki merupakan cara yang baik untuk mengawalinya. Bahkan aktivitas sehari-hari seperti membersihkan rumah atau halaman rumah juga dapat mengurangi stres. Olahraga juga perlu dilakukan untuk melemaskan otot-otot yang tegang karena stres.
    Cobalah lakukan teknik-teknik relaksasi, seperti yoga, teknik pernapasan, dan relaksasi otot.

Cara untuk menghindari stres

Stres merupakan bagian dari hidup yang tidak selalu bisa dihindari. Namun, kita dapat mencoba untuk menghindari situasi yang menyebabkan stres dan mengatur bagaimana cara kita untuk menghadapinya. Cobalah untuk membuat beberapa perubahan dalam hidup untuk menghindari situasi yang dapat menyebabkan stres. Berikut ini ada beberapa tips.


  1.     Manajemen waktu. Manajemen waktu merupakan cara untuk memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang ingin dan perlu dilakukan. Manajemen waktu dapat membantu memutuskan mana yang harus dilakukan lebih dulu dan mana yang bisa ditunda. Mengatur waktu dapat membuat hidup lebih mudah dan lebih bermakna. 
  2.   Perhatikan gaya hidup. Seimbangkan kebutuhan pribadi, keluarga, dan pekerjaan. Tentukan tujuan hidup dan lakukan aktivitas yang bermanfaat. Istirahat yang cukup. Makan makanan yang sehat serta hindari rokok dan alkohol. Olahraga teratur.
  3. Mencari dukungan dari keluarga, teman, dan masyarakat. Dukungan orang lain membawa dampak yang besar dalam menghadapi stres.
  4. Ubah pola pikir. Singkirkan semua pikiran negatif yang selalu berfokus pada sisi buruk dan bukan sisi baik sebuah keadaan. Berpikirlah positif dan ambil hikmah dari semua peristiwa yang terjadi.

Senin, 28 Mei 2018

jangan asal makan saat buka puasa. Ikuti 5 Tips Ini Biar Buka Puasa Gak Berakhir Sakit Perut!


jangan asal makan saat buka puasa. Ikuti 5 Tips Ini Biar Buka Puasa Gak Berakhir Sakit Perut!

Apa yang paling ditunggu ketika seharian penuh berpuasa? Pasti jawabannya adalah adzan Maghrib yang menandakan puasa kita hari ini selesai alias udah boleh makan lagi. Eits, tapi hati-hati. Kebanyakan orang pasti langsung kalap banget begitu suara bedug terdengar. Padahal kalau kamu terlalu rakus pas buka puasa, kamu akan berujung pada sakit perut. Gak enak banget loh, udah puasa seharian, eh, begitu buka malah sakit perut.
Perut kita yang sudah kosong seharian perlu penyesuainnya terlebih dahulu. Jadi, jangan asal langsung makan makanan berat. Yuk, ubah kebiasaan ini biar puasa Ramadan tahun ini lebih lancar dan kamu tetap bisa semangat terus menjalani puasa sampai Lebaran nanti.
1. Jangan Termakan Godaan Es Teh Manis dan Kroni-Kroninya
Es teh manis atau es kelapa muda itu emang paling keliatan manis sedunia pas jamnya buka puasa. Tapi kamu harus sabar dulu nih jangan langsung minum es walaupun kamu mau banget karena pasti hausnya dobel atau malah tripel. Sebaiknya pas dengar adzan langsung siapin air putih hangat atau teh manis hangat. Biarin perut kamu terisi dengan yang hangat biar gak kaget.
2. Berbuka dengan Kurma
Seperti yang sudah disunahkan oleh Nabi Muhamad, memang kamu sebaiknya berbuka dengan buah kurma. Rasanya yang manis ini akan mengembalikan energi kamu yang terkuras seharian. Jadi, sehabis minum air putih hangat atau teh hangat manis langsung deh makan kurma. Kurma ini juga punya manfaat untuk membuat kamu gak kalap pas lihat makanan yang ada di meja makan.
3. Konsumsi Kacang-Kacangan
Kalau kebetulan kamu masih di jalan atau di rumah lagi kehabisan kurma, langsung aja beli kacang sebagai penggantinya. Pilih deh kacang favorit yang paling kamu suka dan jadikan sebagai menu berbuka puasa. Satu genggam kacang favoritmu ini mengandung protein tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan protein harian yang diperlukan sama tubuh.
4. Kolak Pisang? Bubur Sum-Sum? Biji Salak? Tenang, Mereka Masih Boleh Kok Jadi Menu Berbukamu
Takjil yang manis-manis ngangenin ini boleh banget dijadikan makanan pertama setelah kamu minum air putih hangat. Pilih deh mau kolak pisang, biji salak, bubur sum-sum, es blewah atau yang lainnya juga boleh. Syaratnya cuma satu nih, kamu makannya jangan terburu-buru pertama biar gak keselek kedua biar perutmu bisa mencerna dengan baik. Gak seru kan kalau habis makan kolak langsung sakit perut?
5. Makan Besarnya Nanti Aja
Bulan puasa itu pasti kamu banyak mau, apa aja pengen dimakan mulai dari yang manis-manis sampai yang asin atau gurih. Tapi, lebih baik kamu makan makanan berat setelah tarawih. Biarkan perutmu menyesuaikan dan berfungsi seperti biasa. Baru deh setelah selesai tarawih pilih lauk favoritmu untuk menemani nasi hangat.

Berikut adalah tips tips makan saat buka puasa, semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu.

Rabu, 23 Mei 2018

Manfaat Puasa Untuk Pendertia Maag

Manfaat Puasa Untuk Pendertia Maag


Maag merupakan penyakit yang menyerang bagian organ tubuh lambung. Ini bisa terjadi karena luka yang ada pada lambung yang akan menyebabkan rasa mulas, perih diperut dan juga rasa sakit. Sakit maag biasanya dikenal dengan dispepsia yaitu masalah pada kesehatan lambung yang dimana kondisi ini terjadi karena sering mengkonsumsi cemilan, minum soda yang berlebih, mengkonsumsi makanan yang mengandung asam amino. Kebanyakan penderita maag terjadi pada orang perokok dan orang yang mudah stress.

Lalu apa benar dengan melakukan puasa akan mempunyai manfaat untuk penderita penyakit maag ?


Jawabanya benar karena puasa selain mendapatkan pahala dari tuhan yang masa esa. Juga mendapatkan manfaat dari kegiatan berpuasanya. Karena dengan menjalankan ibadah puasa akan menjadikan pola makan akan teratur yang dimana pada saat melakukan puasa akan ada saat sahur dan berbuka. 
Jadi manfaat puasa untuk penderita maag antara lain ?
1. Maag akan terbiasa dengan makan yang teratur dan terjadwal
Ini sudah pasti akan terjadi pada penderita maag, dengan melakukan puasa tentunya pola makan akan menjadi teratur dan terjadwal. Jadi tidak akan ada lagi mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Atau makan belum pada waktunya.
2. Asam lambung akan kembali menjadi normal
Asam lambung bagi penderita maag menjadi problema yang sangat mengganggu dan menjengkelkan. Dengan asam lambung yang dideritanya pasti akan membuat perut akan menjadi sakit seakan-akan ada yang melilit perutnya. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk melakukan puasa untuk menjaga keseimbangan asam lambung.
3. Menyehatkan asam lambung melainkan menyehatkan semua organ tubuh
Pernyataa diatas tentunya sangat benar, karena dengan berpuasa semua organ tubuh kita pada jam tertentu tidak akan mendapatkan asupan nutrisi dan makanan. Dimana ini berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh.
4. Lambung tidak akan kaget ketika mengkonsumsi makanan yang kaya asam aminonya
Dengan melakukan puasa tentunya akan membuat lambung kita tidak akan bekerja terus. Dan tentunya jarang mencerna makanan yang kaya akan asam amino. Biasanya asam amino dalam makanan dapat membuat lambung kita akan merasa sakit karena tidak terbiasa mengkonsumsinya.
Lalu bagaimana jika orang yang penyakit maag harus berpuasa pada bulan Ramadhan ?
Mungkin cara berpuasa orang yang terkena maag memang harus diperhatikan. Maag ada yang kronis ada juga yang tidak kronis. Asalkan sakit maag yang diderita tidak terlalu kronis, penderita maag tetap boleh menjalankan puasa. Namun balik lagi jika dipenderita merasa tertekan atau tidak kuat saat menjalankan puasa. Sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar bisa mendapat saran yang tepat selama puasa.
Hal yang harus dihindari penderita maag ketika berpuasa
  • Jangan memaksakan untuk tetap berpuasa ketika maag sedang kambuh. Karena ini buka memberi manfaat yang baik bagi tubuh melainkan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  • Konsumsi obat penyakit maag secara rutin dengan meminta resep dan dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.
  • Jaga makanan yang dikonsumsi baik sahur maupun berbuka. Jangan langsung makan makanan yang berat, mengandung banyak lemak dan juga yang mengandung asam amino. Karena kita tahu bahwa penderita maag tidak akan kuat lambungnya jika harus mencerna makanan yang terkandung asam amino yang tinggi.
  • Hindari makanan yang pedas saat sahur maupun berbuka. Karena makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pada perut dan meningkatkan asam lambung sehingga sakit maag bisa kambuh kembali. Jika sudah kambuh tentunya puasa kalian akan distop terlebih dahulu nantinya. namun bisa mengkonsumsi madu karena Manfaat Madu bagi Penderita Asam Lambung sangat bagus untuk tubuh.
  • Jangan terlalu sering memakan makanan yang manis dan memiliki karbohidrat yang tinggi seperti roti, nasi, jagung. Itu kan makanan pokok. Lalu bagaimana jika ingin tetap mengkonsumsinya ? tetap boleh mengkonsumsinya namun dianjurkan tidak terlalu sering diatur jadwal makannya ingin makan karbohidrat pada saat berbuka atau waktu sahur
  • Pada saat berbuka atau sahur.Jangan sekali-kali mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang berkafein, kopi atau soda. Aktivitas seperti ini sangat sulit dilakukan bagi kaum pria. Karena dengan seharian berpuasa tentunya ketika berbuka atau waktu sahur ingin mengkonsumsi minuman kopi ataupun soda. Bahkan tidak hanya pendertia maag saja untuk orang yang tidak menderita maag, makanan dan minuman seperti ini juga harus dipikir pikir dulu jika ingin tetap dikonsumsi. Lebih baik mengkonsumsi makanan jagung karena Manfaat Jagung bagi Penderita Asam Lambung itu sangat baik untuk tubuh.
  • Jangan menjalankan aktvitas negatif selama berpuasa seperti merokok, rokok bisa memperparah sakit maag menurut para dokter.
Hal yang harus diikuti penderita maag ketika berpuasa
  • Makan makanan yang bisa dicerna dengan cepat. Dan juga jangan lupa makan buah – buahan untuk bisa membantu mencerna makanan yang berat masuk kedalam pencernaan kita. Dengan mengkonsumsi buah – buahan selain membantu pencernaan juga bisa membuat perut kenyang dan terhindar dari kelaparan saat puasa.
  • Mengkonsumsi buah kurma dan pisang. Buah yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi ketika berbuka atau sahur. Karena buah ini kaya akan serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium.
  • Kalau bisa mengkonsumsi makan – makanan yang mengandung kacang didalamnya seperti kacang almond yang dapat dikonsumsi baik pada saat berbuka maupun sahur. Karena kita tahu bahwa almond mengandung protein dan serat yang baik untuk tubuh saat berpuasa.
  • Lebih baik memilih makanan yang direbus atau dipanggang daripada yang digoreng. Makanan yang digoreng pastinya akan sulit dicerna dan juga dapat menyebabkan sakit maag kambuh. Berbeda dengan makanan yang dimasak rebus jauh lebih baik untuk kesehatan, terlebih bagi orang yang terkena sakit maag.
  • Untuk mencegah sakit maag kambuh, jangan pernah lewatkan makan sahur. Dengan sahur tentunya lambung kita akan siap untuk seharian tidak mendapatkan asupan makanan dan nutrisi.
Dengan artikel ini membuktikan bahwa penderita maag tetap bisa melakukan kewajiban puasa dan tentunya akan mendapatkan manfaat dari kegiatan berpuasanya. Semoga dengan berpuasa penyakit maag kita bisa dapat dilatih dan dapat sembuh dari penyakitnya.

Rabu, 25 April 2018

Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui - Junk foot atau yang sering dikenal sebagai makanan cepat saji merupakan makanan yang sedang populer saat ini. Makanan cepat saji menjadi pilihan orang lain karena selain mudah di dapatkan juga lebih peraktis dan cepat tak perlu harus menunggu waktu yang lama, junk food sendiri biasanya di konsumsi oleh orang-orang sibuk yang tak memiliki banyak waktu, namun junk food juga sudah menjadi makanan favorid sebagan orang.

Junk food juga sering disebut sebagai makanan sampah, hal ini dikarenakan junk food merupakan makanan yang banyak mengandung kalori, namun sangat rendah gizinya. Dengan mengkonsumsi junk food orang tidak akan merasa kenyang, dan justru akan menyebabkan orang makan secara berlebihan hingga akhirnya orang akan memiliki masalah dengan berat badan juga kesehatannya.

Banyak orang berpesan untuk menghindari junk food. Hal ini bukan tanpa alasan. Seperti yang kita ketahui bahwa junk food merupakan makanan tidak sehat yang dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Nah berbicara tentang junk food, kali ini kami akan menjelaskan tentang bahaya junk food bagi kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Obesitas

Dampak buruk dari junk food yang pertama yaitu menyebabkan obesitas atau kegemukan. Hal ini dikarenakan junk food merupakan makanan yang banyak mengandung lemak, garam, dan juga kalori. Satu porsi junk food menawarkan kalori yang begitu banyak, namun nilai gizinya sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali. Bahkan study terbaru menyebutkan penyebab utama obesitas atau kegemukan adalah makanan junk food, dan jika terus dibiarkan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke hingga serangan jantung.

2. Kecanduan

Junk food memang nikmat dilidah bayangkan saja siapa yang tidak suka dengan pizza, sosis, bugger, gorengan dan lain sebagainya, hal inilah yang membuat banyak orang kecanduan mengkonsumsi junk food. Jika sudah kecanduan, tentunya akan sulit dihentikan dan orang tersebut akan sulit untuk diminta mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran atau buah-buahan.

3. Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Kebiasaan mengkonsumsi junk food juga akan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Junk food merupakan makanan sampai yang tidak memiliki nilai gizinya, sehingga orang yang terbiasa mengkonsumsi junk food akan kekurangan gizi dan nutrisi, akibatnya sistem kekebalan tubuh akan menurun dan tubuh mudah terkena penyakit.

4. Gangguan pencernaan

Junk food merupakan makanan yang sulit untuk dicerna. Hal ini yang menyebabkan sistem pencernaan akan bekerja ekstra sehingga menyebabkan berbagai gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus dan penyakit pencernaan lainnya. Seperti yang kita ketahui, junk food lebih banyak mengandung kalori dan garam ketimbang nutrisinya itu sendiri. Saat kita mengkonsumsi junk food yang digoreng, kandungan minyak akan tersimpan dalam dinding lapisan perut dan hal ini akan meningkatkan produksi asam, lalu rempah-rempah yang ada didalamnya akan mengiritasi lapisan lambung sehingga menyebabkan penyakit lambung dan menghambat sistem pencernaan.

5. Depresi

Kebiasaan mengkonsumsi junk food juga dapat menyebabkan depresi terutama bagi anak-anak dan remaja. Junk food akan merubah hormon sehingga anak akan rentan mengalami perubahan suasana hati, perilaku, sikap dan kemungkinan remaja menderita depresi hingga 58%. Untuk mengatasi hal ini, diet sehat adalah cara yang paling efektif.

6. Mempengaruhi kinerja otak

Junk food juga sangat berpengaruh pada kinerja otak, bahkan satu minggu mengkonsumsi junk food dapat memicu gangguan memori pada otak. Hal ini dikarenakan lemak trans yang ada di junk food akan menggantikan lemak sehat yang terdapat di otak dan mengganggu mekanisme sinyal normal pada otak. Hal ini pula yang menyebabkan orang sulit berfikir terutama pelajar yang terbiasa mengkonsumsi junk food.

7. Mudah lelah

Terbiasa mengkonsumsi junk food juga dapat menyebabkan tubuh mudah lelah. Hal ini dikarenakan junk food merupakan makanan yang rendah nutrusi, bahkan nilai gizinya tidak ada sama sekali. Ketika cadangan nutrisi didalam tubuh kosong, maka anda akan cepat lelah.

8. Penyakit ginjal

Ketika kita mengkonsumsi junk food akan terasa nikmat di lidah, namun tanpa kita sadari jungk food mengandung banyak garam yang didalamnya dapat meningkatkan air liur dan sekresi enzim sehingga meningkatkan keinginan untuk terus mengkonsumsi makanan tersebut. Kandungan lemak jahat dan natrium yang sangat tinggi didalam garam tersebut mampu mengganggu keseimbangan sodium-potasium dalam tubuh yang menyebabkan hipertensi. Hal ini akan menganggu ginjal yang bertugas sebagai penyaring racun dab darah di dalam tubuh.

9. Merusak hati

Tidak hanya merusak ginjal saja, kebiasaan mengkonsumsi junk food juga akan berakibat buruk pada kerusakan organ hati. Hal ini hampir sama dengan akibat kecanduan minum minuman beralkohol. Penelitian menyebutkan, orang yang mengkonsumsi junk food dan menjauhi olah raga selama 4 minggu saja akan memiliki perubahan enzim dalam hati. Perubahan ini serupa dengan yang dialami oleh pecandu alkohol. Hal ini dikarenakan terjadi pengendapan lemak trans di dalam hati sehingga menyebabkan kerusakan pada organ hati.

10. Meningkatkan resiko diabetes

Makanan junk food juga mengandung kandungan gula tambahan, hal ini yang menyebabkan pasokan gula atau glukosa di dalam tubuh menumpuk sehingga menyebabkan penyakit diabetes. Hal ini bisa dicegah dengan cara diet sehat dan rajin olah raga.

11. Penyakit jantung

Dampak paling buruk dari makanan junk food adalah penyakit jantung. Junk food mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang secara langsung akan meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Hal tersebut dapat menyebabkan pembentukan plak dalam pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung. Selain itu mengkonsumsi junk food dapat mneyebabkan lonjakan gula darah yang meningkat secara tiba-tiba. Junk food merusak lapisan-lapisan pembuluh darah yang menyebabkan peradangan kronis. Peradangan tersebut menyebabkan kolesterol jahat menempel pada dinding arteri yang menghalangi aliran darah sehingga serangan jantung bisa terjadi kapan saja.

12. Resiko penyakit kanker

Sebuah study yang diterbitkan dalam European Journal of Cancer Prevention mengungkapkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food yang tinggi gula, garam dan lemak dapat berpeluang terkena kanker kolorektal . Bahkan penelitian lain mengungkapkan pria yang mengkosusmi junk food goreng lebih dari 2 kali dalam sebulan telah menunjukan peningkatan resiko kanker prostat.

Tips mengurangi dampak buruk dari junk food

- Rajin berolah raga
- Perebanyak minum air putih
- Diet sehat
- Perbanyak mengkonsumsii buah dan sayuran
- Hindari makanan kemasan

Demikianlah informasi tentang bahaya junk foo bagi kesehatan yang wajib anda ketahui. Mengetahui akan bahaya yang ditimbulkan oleh junk food, baiknya anda kurang atau hindari makana junk food sekarang juga. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Rabu, 21 Maret 2018

Cara Membedakan Sakit Perut Gejala Usus Buntu atau Karena Maag

Cara Membedakan Sakit Perut Gejala Usus Buntu atau Karena Maag


Sekilas, sakit perut karena maag dan usus buntu memiliki gejala yang hampir sama. Tidak jarang hal ini membuat banyak orang salah mengartikan sakit perut yang dirasa. Akibatnya beberapa orang yang memang sebenarnya punya usus buntu menyangka jika dirinya hanya mengalami sakit perut karena telat makan. Keliru mengartikan penyebab sakit perut Anda bisa berujung pada salah diagnosis dan pengobatannya. Pada akhirnya ini bisa membuat gejala usus buntu yang diderita semakin parah.

Itu sebabnya Anda perlu mengetahui perbedaan gejala yang ditimbulkan kedua penyakit ini agar bisa memberikan pengobatan yang tepat untuk kedua kondisi tersebut. Ada beberapa perbedaan penting antara  sakit perut gejala usus buntu atau karena maag yang bisa Anda kenali.

Apa bedanya sakit perut karena maag dan sakit perut gejala usus buntu?
Sakit perut akibat gejala usus buntu
Usus buntu (appendicitis) adalah peradangan yang terjadi di apendiks atau usus buntu. Usus buntu adalah sebuah struktur berbentuk selang kecil yang menempel pada bagian awal usus besar yang terletak di perut bagian kanan bawah.  Jika tidak segera diobati usus buntu dapat pecah dan menyebarkan infeksi ke bagian perut lainnya. Kalau situasi tersebut sudah terjadi, bagian lapisan perut juga akan ikut mengalami peradangan yang bisa berakibat fatal.
Tanda utama sakit perut akibat gejala usus buntu adalah rasa sakit di perut bawah bagian kananPada awalnya rasa sakit dimulai pada daerah tengah perut atau sekitar pusar yang terasa timbul-tenggelam. Lalu rasa sakit ini perlahan-lahan bergerak ke bagian kanan bawah perut dan cenderung akan terfokus pada tempat di mana usus buntu berada. 
Sakit perut pada titik ini akan terasa semakin parah dan intens. Jika disentuh juga akan terasa sakit. sakit perut juga akan semakin memburuk ketika Anda mengambil nafas dalam-dalam, batuk, bersin, berjalan, atau gerakan yang menimbulkan penekanan pada perut kanan bawah.  Selain sakit di perut bawah bagian kanan, usus buntu juga akan menimbulkan beberapa gejala lainnya, di antaranya:
  • Nafsu makan menurun
  • Timbulnya rasa mual bahkan sampai muntah
  • Perut kembung
  • Tidak bisa buang angin (kentut)
  • Demam
Sakit perut karena maag
Pada dasarnya maag bukanlah sebuah penyakit, namun adalah tanda dari kondisi kesehatan atau penyakit lain yang menjadi penyebabnya. Maag bisa terjadi pada semua orang dari waktu ke waktu. Seseorang yang mengalami maag biasanya merasakan perasaan tidak nyaman atau nyeri pada saluran pencernaan bagian atas seperti perut, kerongkongan, ataupun usus dua belas jarinya.

gejala penyakit maag yang paling sering muncul adalah perut kembungPerut kembung ini diakibatkan oleh lambung yang di dalamnya terdapat banyak gas. Selain itu, gejala lain yang mungkin muncul adalah:
  • Mual dan muntah
  • Perut terasa panas
  • Sering bersendawa, akibat gas yang dihasilkan lambung
  • Merasa sakit di bagian perut dan bagian dada
  • Munculnya rasa asam di mulut
Masih bingung mana sakit perut gejala usus buntu atau maag? Perhatikan lokasi sakitnya
Pada dasarnya, perbedaan paling mencolok antara sakit perut karena usus buntu dan maag adalah terletak pada lokasi sakitnya. maag menyebabkan rasa sakit di perut bagian atas atau disekitar ulu hati. Selain itu, umumnya penyakit maag tidak menyebabkan demam tinggi.
Sementara itu sakit perut gejala usus buntu muncul di perut bagian kanan bawah. Terlebih jika ditekan, rasa sakit ini akan semakin memburuk. Jika Anda atau kerabat Anda yang memiliki gejala nyeri di kanan bawah yang terasa sangat nyeri, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini untuk meminimalisasi risiko terjadinya penyakit usus buntu yang semakin parah.

The post Cara Membedakan Sakit Perut Gejala Usus Buntu atau Karena Maag appeared first on Hello Sehat.