Herbal Uswah Official Website
Telepon: 082218528882 | SMS/WA: 085221818880

Senin, 08 November 2021

Gejala Dan Ciri Sakit maag Yang Harus di Waspadai

Maag merupakan penyakit lambung yang bisa disebabkan oleh banyak hal, Beberapa di antaranya terkadang dianggap sepele, sampai akhirnya maag sudah kronis dan menjadi sulit untuk diobati.
Kamu bisa terkena maag jika pola makan tidak teratur seperti terlambat makan, makan dalam prsi besar tetapi jamnya tidak teratur, mengkonsumsi makanan dengan kadar asam tinggi.
Gaya hidup tidak sehat juga dapat memicu maag seperti mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok berlebihan, begadang setiap hari, dan masih banyak lagi.



Gejala dan Ciri ciri Sakit Maag

1. Sakit Perut
Sakit perut merupakan salah satu gejala sakit maag yang paling umum. Gejala ini bisa disebabkan oleh beberapa hal atau penyakit seperti peradangan dan infeksi lambung, tukak lambung, dan penyakit lain yang berhubungan dengan pencernaan.
Biasanya, penderita maag akan merasakan sakit di bagian perut atas dan dilanjutkan dengan gejala lain seperti mual.

2. Mual
Setelah merasakan sakit perut, gejala maag yang bisa muncul setelahnya adalah merasa mual berkepanjangan. Gejala ini dirasakan ketika terlambat makan, saat makan, dan bahkan setelah makan.
Tergantung tingkat maag yang diderita, kamu bisa jadi merasa mual setiap saat jika maag sudah sangat akut.

3. Heartburn
Heartburn merupakan sensasi panas seperti terbakar dan sakit di dada yang akan kamu rasakan ketika asam lambung sedang naik. Gejala ini bisa disebabkan oleh gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam lambung.
Ketika merasakan gejala, minum air putih hangat atau jika sudah sangat nyeri kamu bisa mengkonsumsi obat maag agar sakitnya hilang.

4. Perut Kembung
Selain asam lambung, produksi gas dalam lambung juga akan meningkat saat maag kambuh. Setelah meningkat, perut akan terasa kembung karena kadar gas yang tinggi dalam lambung. Kembung yang dirasakan juga berbeda dari kembung karena terlalu banyak minum, melainkan perut akan terasa sangat keras yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

5. Sering Sendawa
Hampir sama dengan poin sebelumnya, gejala ini juga muncul karena kadar gas tinggi yang ada di dalam lambung. Ketika asam lambung dan gas sedang meningkat, asam dapat naik ke kerongkongan dan membuat kamu sendawa.
Jika frekuensi sendawa meningkat dan sering berujung mual, gejala ini patut diwaspadai, karena dapat mengarah ke sakit maag

6. Nafus Makan Berkurang
Ketika maag, perut akan bermasalah dan kamu akan merasa sangat tidak nyaman. alau gejala-gejala maag seperti mual dan sakit perut sudah muncul, biasanya nafsu makan akan berkurang. Jika tiba-tiba nafsu makan berkurang atau bahkan hilang kamu harus mewaspadai gejala ini, karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh maag.

7. Keringat Berlebihan
Maag yang disebabkan oleh terlambat makan dapat menyebabkan gula darah turun. Ketika gula darah turun, kamu akan merasa pusing dan badan akan mengeluarkan keringat dingin.
Hal ini juga bisa disebabkan karena kamu merasa tidak nyaman dengan gejala yang muncul.

8. Muntah Berwarna Kuning atau Hijau
Muntah warna kuning atau hijau bisa disebabkan oleh percampuran isi lambung dengan cairan empedu. Jika muntah terasa pahit atau asam dan berwarna yang tidak lazim, hal tersebut harus sangat diwaspadai untuk penderita maag.
Ini dikarenakan asam lambung naik dan keluar bersamaan dengan muntah berwarna. Kalau maag sudah Kalau maag sudah akut, gejala lanjutan yang muncul bahkan bisa sampai muntah darah.

9. Detak Jantung Meningkat
Ketika maag sedang kambuh, etak jantung akan meningkat dan kamu bisa merasa berdebar dalam waktu yang cukup lama. Hal ini biasanya dikarenakan perasaan panik dan tidak nyaman yang muncul karena gejala maag lainnya.

10. Napas Pendek
Terakhir, adalah napas pendek, Penderita maag biasanya merasakan sensasi seperti heartburn, perut kembung, dan mual.
Nah, ketika hal ini terjadi, napas akan terasa lebih pendek karena terdapat hambatan di saluran pernapasan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Itu dia gejala sakit maag paling umum yang harus kamau perhatikan dan waspadai, Jika ciri-ciri di atas sudah muncul, segera periksakan ke dokter dan kurangi konsumen hal-hal yang dapat memicu sakit maag.

0 komentar:

Posting Komentar